Selamat Datang!

Di website resmi sekolah kami.

kepsek utk divisi2

Selamat Datang di website SMK Negeri 1 Panyingkiran Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat

Pendekatan Pembelajaran Saintifik

 

Proses pembelajaran sesuai dengan pendekatan pembelajaran saintifik, meliputi lima langkah sebagai berikut:

  1. Mengamati, yaitu kegiatan siswa untuk mengidentifikasi melalui indera penglihat (membaca, menyimak), pembau, pendengar, pengecap dan peraba pada waktu mengamati suatu obyek dengan ataupun tanpa alat bantu. Alternatif kegiatan mengamati antara lain observasi lingkungan, mengamati gambar, video, tabel dan grafik data, menganalisis peta, membaca berbagai informasi yang tersedia di media masa dan internet maupun sumber lain. Bentuk hasil belajar dari kegitan mengamati adalah siswa dapat mengidentifikasi masalah.
  2. Menanya, yaitu kegiatan siswa untuk mengungkapkan apa yang ingin diketahuinya baik yang berkenaan dengan suatu obyek, peristiwa, suatu proses tertentu. Dalam kegiatan menanya, siswa membuat pertanyaan secara individu atau kelompok tentang apa yang belum diketahuinya. Siswa dapat mengajukan pertanyaan kepada guru, nara sumber, Siswa lainnya dan atau kepada diri sendiri dengan bimbingan guru sampai dengan siswa mandiri sehingga menjadi suatu kebiasaan. Pertanyaan dapat diajukan secara lisan dan tulisan serta dapat membangkitkan motivasi siswa untuk tetap aktif dan menyenangkan. Bentuknya dapat berupa kalimat pertanyaan dan kalimat hipotesis. Bentuk hasil belajar dari kegitan menanyai adalah siswa dapat merumuskan masalah dan menentukan hipotesis.
  3. Mengumpulkan data, yaitu kegiatan siswa untuk mencari informasi sebagai bahan yang dapat dianalisis dan disimpulkan. Kegiatan mengumpulkan dapat dilakukan dengan cara membaca buku, mengumpulkan data sekunder, observasi lapangan, uji coba (eksperimen), wawancara, menyebarkan kuesioner, dan lain-lain. Bentuk hasil belajar dari kegitan mengumpulkan data adalah siswa dapat menguji hipotesis.
  4. Mengasosiasi, yaitu kegiatan Siswa dalam bentuk serangkaian aktivitas fisik dan pikiran dengan bantuan peralatan tertentu. Bentuk kegiatan mengolah data antara lain melakukan klasifikasi, pengurutan (sorting), menghitung, membagi, dan menyusun data dalam bentuk yang lebih informatif, serta menentukan sumber data sehingga lebih bermakna. Kegiatan siswa dalam mengolah data misalnya membuat tabel, grafik, bagan, peta konsep, menghitung, dan pemodelan. Selanjutnya siswa menganalisis data untuk membandingkan ataupun menentukan hubungan antara data yang telah diolahnya dengan teori yang ada sehingga dapat ditarik kesimpulan dan atau ditemukannya prinsip dan konsep penting yang bermakna dalam menambah skema kognitif, meluaskan pengalaman, dan wawasan pengetahuannya. Bentuk hasil belajar dari kegitan menalar/mengasosiasi adalah siswa dapat menyimpulkan hasil kajian dari hipotesis.
  5. Mengomunikasikan yaitu kegiatan Siswa dalam mendeskripsikan dan menyampaikan hasil temuannya dari kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan dan mengolah data, serta mengasosiasi yang ditujukan kepada orang lain baik secara lisan maupun tulisan dalam bentuk diagram, bagan, gambar, dan sejenisnya dengan bantuan perangkat teknologi sederhana dan atau teknologi informasi dan komunikasi. Bentuk hasil belajar dari kegitan mengkomunikasikan adalah siswa dapat memformulasikan dan mempertanggungjawabkan pembuktian hipotesis.

 

 

- - -

Sumber : Modul Kurikulum 2013

Statistik Pengunjung

00396407
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total
676
2517
14521
362291
63866
93850
396407

IP Anda: 192.168.1.2
21-07-2017 05:45

Peta Lokasi Sekolah

Subscribe Channel Youtube - SMK Negeri 1 Panyingkiran

chanel youtube smkn1panying



SMK Negeri 1 Panyingkiran
Jalan Kirapandak Desa Karyamukti Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka Telp. (0233) 282985 Provinsi Jawa Barat Kode POS 45459
email : smkn1pnyk@yahoo.co.id | https://www.facebook.com/smkn1panyingkiran | https://twitter.com/smkn1pnyk
Paket Keahlian : TKJ | RPL | MM | TP4 | ELIN | KIMIIN | TABUS | TKR
Created by muchamadekisa@2017