Selamat Datang!

Di website resmi sekolah kami.

kepsek utk divisi2

Selamat Datang di website SMK Negeri 1 Panyingkiran Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat

Sintak Model Pembelajaran

 

 

(*)   Model Pembelajaran Penyingkapan (Penemuan dan pencarian/penelitian).

Model Discovery Learning adalah memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan (Budiningsih, 2005:43). Discovery terjadi bila individu terlibat, terutama dalam penggunaan proses mentalnya untuk menemukan beberapa konsep dan prinsip.

Discovery dilakukan melalui observasi, klasifikasi, pengukuran, prediksi, penentuan dan inferi. Proses tersebut disebut cognitive process sedangkan discovery itu sendiri adalah the mental process of assimilatig conceps and principles in the mind (Robert B. Sund dalam Malik, 2001:219).

(1) Sintaksis model Discovery Learning

(a) Pemberian rangsangan (Stimulation);

(b) Pernyataan/Identifikasi masalah (Problem Statement);

(c) Pengumpulan data (Data Collection);

(d) Pembuktian (Verification), dan

(e) Menarik kesimpulan/generalisasi (Generalization).

- - - - -

(2)    Sintaksis model Inquiry Learning Terbimbing.

Model pembelajaran yang dirancang membawa peserta didik dalam proses penelitian melalui penyelidikan dan penjelasan dalam setting waktu yang singkat (Joice & Wells, 2003).

Merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki sesuatu secara sistematis kritis dan logis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya.

Sintak/tahap model inkuiri meliputi:

(a) Orientasi masalah;

(b) Pengumpulan data dan verifikasi;

(c) Pengumpulan data melalui eksperimen;

(d) Pengorganisasian dan formulasi eksplanasi, dan

(e) Analisis proses inkuiri.

- - - - -

(3)    Model Pembelajaran Hasil Karya Problem Based Learning.

Merupakan pembelajaran yang menggunakan berbagai kemampuan berfikir dari peserta didik secara individu maupun kelompok serta lingkungan nyata untuk mengatasi permasalahan sehingga bermakna, relevan dan konstektual (Tan Onn Seng, 2000)

Tujuan PBL adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam menerapkan konsep-konsep pada permasalahan baru/nyata, pengintegrasian konsep High Order Thinking Skills (HOTS), keinginan dalam belajar, mengarahkan belajar diri sendiri dan keterampilan (Norman and Schmitdt).

(1)Sintaksis model Problem Based Learning dari Bransford and Stein (dalam Jamie Kirkley, 2003:3) terdiri atas:

(a)Mengidentifikasi masalah;

(b)          Menetapkan masalah melalui berpikir tentang masalah dan menseleksi informasi-informasi yang relevan;

(c)Mengembangkan solusi melalui pengidentifikasian alternatif-alternatif, tukar-pikiran dan mengecek perbedaan pandang;

(d)          Melakukan tindakan strategis, dan

(e)          Melihat ulang dan mengevaluasi pengaruh-pengaruh dari solusi yang dilakukan.

(2) Sintaksis model Problem Based Learning Jenis Trouble Shooting (David H. Jonassen, 2011:93) terdiri atas:

(a) Merumuskan uraian masalah;

(b) Mengembangkan kemungkinan penyebab;

(c) Mengetes penyebab atau proses diagnosis, dan

(d) Mengevaluasi.

- - - - -

(4)    Model pembelajaran Project Based Learning (PJBL).

         Pembelajaran otentik menggunakan proyek nyata dalam kehidupan yang didasarkan pada motivasi yang tinggi, pertanyaan yang menantang, tugas-tugas atau permasalahan untuk membentuk penguasaan kompetensi yang dilakukan secara kerjasama dalam upaya memecahkan masalah, (Barel, 2000 and Baron 2011)

         Tujuan PJBL adalah meningkatkan motivasi belajar, team work, keterampilan kolaborasi dalam pencapaian kemampuan akademik level tinggi/taksonomi tingkat kreativitas yang dibutuhkan pada abad 21 (Cole & Wasburn Moses, 2010).

         Sintaksis/Tahapan Model Pembelajaran Project Based Learning, meliputi:

(1) Penentuan pertanyaan mendasar (Start with the Essential Question);

(2) Mendesain perencanaan proyek;

(3) Menyusun jadwal (Create a Schedule);

(4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project);

(5) Menguji hasil (Assess the Outcome), dan

(6) Mengevaluasi pengalaman (Evaluate the Experience).

 

- - -

sumber : Modul Kurikulum 2013

Statistik Pengunjung

00396395
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total
664
2517
14509
362291
63854
93850
396395

IP Anda: 192.168.1.2
21-07-2017 05:44

Peta Lokasi Sekolah

Subscribe Channel Youtube - SMK Negeri 1 Panyingkiran

chanel youtube smkn1panying



SMK Negeri 1 Panyingkiran
Jalan Kirapandak Desa Karyamukti Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka Telp. (0233) 282985 Provinsi Jawa Barat Kode POS 45459
email : smkn1pnyk@yahoo.co.id | https://www.facebook.com/smkn1panyingkiran | https://twitter.com/smkn1pnyk
Paket Keahlian : TKJ | RPL | MM | TP4 | ELIN | KIMIIN | TABUS | TKR
Created by muchamadekisa@2017