Nilai butir ini
(12 pemilihan)
Jumat, 23 September 2022 10:07

Petunjuk Teknis Aplikasi Bel Sekolah

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(5 pemilihan)
PETUNJUK TEKNIS
APLIKASI BEL SEKOLAH
  • Pada awalnya pergantian jam pelajaran hanya dapat dilakukan dengan memijit bel di ruangan TU atau Guru, terkadang hal tersebut menjadi lupa karena bel nya tidak dipijit secara manual.
  • Guru akan terbagi perhatiannya karena terkonsentrasi untuk kegiatan lain dan dalam hal tertentu harus memijit bel ketika pergantian jam pelajaran
  • Oleh karenanya dengan aplikasi bel sekolah ini akan memudahkan guru maupun tu dalam menandai pergantian jam pelajaran
  • Software Aplikasi Bel Sekolah merupakan produk dari pemrograman komputer, dengan pemrograman komputer ini kita dapat mengelola data-data pergantian jam pelajaran dan membunyikan suara
  • Ketika data menunjukan jam pelajaran telah usai maka suara bel nya akan berbunyi otomatis
  • Ketika aplikasi ini dijalankan akan mengfungsikan waktu berdasarkan seting sistem waktu di komputer.
  • Pada saat pergantian jam pelajaran akan menghidupkan bunyi bel secara otomatis.
  • Suara bel sekolah yang dibunyikan merupakan perpaduan suara, musik latar yang juga hasil karya kreasi siswa.
  • Aplikasi ini digunakan di komputer dalsm bentuk installer software dan source code yang terbuka, Sehingga memungkinkan untuk dikembangkan di kemudian hari, baik itu perekamannya maupun modifikasi musik latar.
  • Musik Latar ini pada dasar dapat dimodifikasi menjadi suara atau narasi yang lain yang dapat digunakan oleh admin atau siswa jika akan mengembangkan bel sekolah ini.
  • Pada awalnya latar suara bel nya dengan musik latar dan berbahasa Indonesia, untuk pengembangannya sekarang sudah menggunakan bahasa Inggris untuk narasi suaranya.
  • Dengan bel sekolah ini suasana menjadi lebih tertib karena sudah terarahkan dengan pergantian bel sekolah.
  • Aplikasi bel sekolah diinstalkan pada komputer yang disimpan di ruangan TU dan dinyalakan nonstop tanpa henti selama pelaksanaan KIBM berlangsung, ketiak awal pagi pembelajaran sebelum jam 07.00 WIB sampai dengan dengan jam pelajaran akhir menjelang pulang pada jam 15.30 WIB
  • Jadwal yang sudah diterapkan dalam database jam pelajaran, dapat dimodifikasi sesuai dengan keinginan, misalnya penerapan ketika KBM jam biasa maupun KBM ketika bulan ramadhan, pada bulan ramadhan ada sedikit penyesuaian pelaksanaan KBM di sekolah.
Jumat, 23 September 2022 08:09

SOP Aplikasi Bel Sekolah

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(3 pemilihan)

1. Siapkan installer aplikasi

2. Siapkan file .MP4 suara latar dan pengiringnya

3. Siapkan komputer yang akan digunakan Aplikasi Bel Sekolah

4. Nyalakan komputernya

5. Installkan Aplikasi ke komputer sesuai petunjuk instalasi aplikasi pada umumnya

6. Setingkan database Bel Sekolah

7. Setelah berhasil diinstal, jadikan Aplikasi Bel Sekolah sebagai start up di menu windows

8. Aplikasi Bel Sekolah sudah siap dioperasikan / digunakan.

9. Komputer tetap dinyalakan dari KBM jam pertama masuk sekolah sampai berakhirnya KBM pada hari itu. 

Nilai butir ini
(5 pemilihan)

LAPORAN

MONITORING DAN EVALUASI

APLIKASI BEL SEKOLAH

SMKN 1 PANYINGKIRAN

 

Aplikasi Bel Sekolah, merupakan aplikasi terapan yang dibuat oleh siswa dengan proses bimbingan guru. Aplikasi Bel Sekolah di SMKN 1 Panyingkiran telah menjadi salah satu ikonik di sekolah, setiap warga sekolah akan mengetahui keberadaan Aplikasi Bel Sekolah, tanpa disadari kegiatan pembelajaran di sekolah akan diwarnai atau dipandu oleh Aplikasi Bel Sekolah.

Aplikasi Bel Sekolah ini kembali dimodifikasi dan dikembangkan oleh para siswa di generasi berikutnya dengan mengembangkan dua bahasa sebagai Bahasa pengantar penanda bel sekolah, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Jadwal pelajaran yang telah disusun oleh kurikulum, diimplementasikan untuk pelaksanaan KBM dengan sejumlah ketentuan waktu didalamnya, untuk itu diterapkan Aplikasi Bel Sekolah sebagai penanda pergantian jam pelajaran, dan berjalan secara otomatis.

Untuk mengetahui tingkat kepuasan dari pengguna dengan keberadaan Aplikasi Bel Sekolah ini dibuatlah kuisioner yang disebarkan ke siswa kelas 10 dan 11. Ada sejumlah pertanyaan disampaikan kepada siswa, diantaranya :

1.   Apakah Anda sudah mengetahui jadwal pelajaran….?

2.   Pergantian jam pelajaran ditandai dengan….?

3.   Tanda masuk ke kelas pada jam pertama dan jam terakhir ditandai dengan.....

4.   Apakah Anda terbantu dalam mengikuti pembelajaran dengan Bunyi dari Aplikasi Bel Sekolah....

 

Dan hasilnya jawaban dari peserta didik :

1.   Peserta didik mengetahui jadwal pelajaran 100%.

Gambar 1

Gambar 1. Pertanyaan No. 1 Kuisioner Kepuasan Inovasi Aplikasi Bel Sekolah

2.   Pergantian jam pelajaran ditandai dengan bunyi dari Aplikasi Bel Sekolah secara otomatis, 99% atau mendekati 100%.

Gambar 2

Gambar 2. Pertanyaan No. 2 Kuisioner Kepuasan Inovasi Aplikasi Bel Sekolah

3.   Tanda masuk ke kelas pada jam pertama dan jam terakhir ditandai dengan bunyi dari Aplikasi Bel Sekolah secara otomatis, 99% atau mendekati 100%.

Gambar 3. Pertanyaan No. 3 Kuisioner Kepuasan Inovasi Aplikasi Bel Sekolah

Gambar 3

4.   Apakah Anda terbantu dalam mengikuti pembelajaran dengan bunyi dari Aplikasi Bel Sekolah, 99% atau mendekati 100%.

Gambar 4

Gambar 4. Pertanyaan No. 4 Kuisioner Kepuasan Inovasi Aplikasi Bel Sekolah

 

                Dengan demikian dapat disimpulkan kepuasan peserta didik dengan keberadaan Aplikasi Bel Sekolah ini mendekati 100%.

 

Kamis, 15 September 2022 07:43

Layanan Pengaduan Inovasi Sekolah

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(6 pemilihan)
Nilai butir ini
(12 pemilihan)

PEDOMAN TEKNIS

PEMBUATAN MASKER KAIN ANTI VIRUS

 

 

Masker yang diproduksi SMKN 1 Panyingkiran di buat dari bahan katun yanng nyaman dengan ukuran yag disesuaikan dengan anatomi wajah

Berikut merupkan langkah – langkah pembuatan  masker :

Peralatan :

  • Mesin Jahit / jarum dan benang
  • Gunting

Cara membuat masker

  • Pilih sepotong kain katun yang akan digunakan, cuci dulu dan keringkan.
  • Selanjutnya, ukur dan potong kain berbentuk persegi panjang dengan ukuran 9,5 inci x 6,5 inci. Buatlah dua potong kain sebagai lapisan masker Anda.
  • Untuk ikatan kain, buat 4 potong kain tipis dengan panjang sekitar 18 inci dengan lebar tiga perempatnya. Lipat masing-masing bagian kain dua kali dengan bentuk memanjang, lalu sekali lagi untuk menyelipkan tepi kasar di dalamnya. Jahit garis lurus di sepanjang bagian tengah. Ini akan mencegah ikatan kain dari pinggiran berjumbai.
  • Ambil satu kain persegi panjang sebagai badan masker dengan sisi luar kain menghadap Anda. Jepit keempat ikatan masker dengan peniti satu potong persudut. Pastikan ikatan tali tersebut dikumpulkan di tengah kain sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Anda juga dapat mengganti tali tersebut dengan tali elastis untuk ikatan kain, tetapi tali elastis tersebut tidak mudah dibersihkan dan siapa pun yang alergi lateks tidak dapat memakainya. Pasang tali elastis pada lapisan kain pertama dengan mengamankan ujung-ujungnya di bagian sudut, membentuk lingkaran kecil. Pastikan tali elastis terletak di dalam perimeter kain Anda.
  • Ambil lapisan kain yang lain, tumpuk, dan sejajarkan dengan yang pertama. Sisi luar kain harus saling berhadapan, lalu dipeniti.
  • Selanjutnya, mulai jahit tepi masker lurus dari bagian tengah menuju sudut kiri dengan jarak seperempat inci di atas tepi kain.
  • Saat menjahit ujungnya, pastikan ikatan tali elastis atau kain terikat di sudut diapit oleh dua lapis kain Anda.
  • Jahit di sekeliling perimeter lapisan kain, ulangi jahitan pada bagian rentan masker Anda agar lebih kuat. Teruslah menjahit menuju titik awal, tetapi berhentilah untuk memberikan jarak sekitar 1,5 inci di setiap sudutnya. Dari lubang tersebut, keluarkan tali elastis atau tali pengikat.
  • Buat tiga lipatan secara memanjang pada masker, seolah melipat kipas kertas. Ini membantu masker menyesuaikan diri dengan wajah pemakainya. Amankan setiap lipatan dengan peniti.
  • Dengan lipatan-lipatan yang dipeniti tersebut, jahitlah juga sekeliling masker dengan jarak sekitar seperempat inci dari tepi jahitan. Lakukan dua kali, dengan jarak yang sama dari putaran pertama.
Halaman 1 dari 2